Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Rekomendasi Buku Marketing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Gambaran biasa seputar marketing

Gambaran umum seputar marketing

Marketing yaitu seni manajemen untuk mengenalkan produk barang atau jasa yang hendak dijual semoga dimengerti kandidat pembeli atau penduduk . Strategi marketing antara lain penentuan produk, target pasar, cara penawaran spesial, sampai penentuan harga. Supaya seni manajemen tersebut tercapai, Anda membutuhkan wawasan wacana sikap masyarakat dikala membeli


Banyak orang menyamakan sales dan marketing, padahal keduanya berlawanan. Marketing yaitu acara dalam memilih atau membuat pasar untuk produk atau jasa yang Anda jual. Sementara itu, sales fokus pada pemasaran produk atau jasa yang Anda jual. Dalam arti kata lain, sales yaitu bagian kecil dari keseluruhan acara marketing yang kompleks.


Meskipun marketing adalah ilmu yang lebih cocok dipraktikkan secara eksklusif, ada baiknya Anda mengisi wawasan melalui buku. Buku marketing tidak hanya membicarakan strategi, tetapi juga contoh pikir seorang marketer dan sisi psikologis dari pembeli. Dengan membaca buku marketing, Anda akan mempunyai akar pengertian yang kuat ihwal pemasaran.

Cara memilih buku marketing

Sebelum memutuskan berbelanja buku marketing, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Anda perlu mengenali topik yang Anda butuhkan, buku yang best seller, siapa penulisnya, dan ulasan bukunya. Hal tersebut mampu membuat Anda terhindar dari buku marketing yang kurang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan topik yang Anda perlukan

Saat Anda membaca buku marketing, pastinya Anda mempunyai persoalan yang harus tertuntaskan. Persoalan tersebut bisa terkait bisnis ataupun Anda sekadar mencari wangsit saja. Agar Anda tidak membuang-buang waktu dan semangat dalam menyelesaikan buku yang dibaca, pilihlah berdasarkan topik yang Anda perlukan.

Product positioning, menciptakan pelanggan tidak mampu beralih dari produk Anda

Product positioning, membuat konsumen tidak bisa beralih dari produk Anda

Ada salah satu istilah di dunia marketing yang bilang, "Semua produk mampu dijual asal target pasarnya sempurna". Untuk bisa membuat ungkapan tersebut terlaksana, Anda mesti mengetahui kebutuhan konsumen dan menjual produk ke target yang tepat. 


Terkadang, merk yang berhasil merebut pasar bukanlah yang menyanggupi kebutuhan siapa pun, namun justru yang memiliki target kecil konsumen. Dengan mengetahui sasaran konsumen yang terperinci, Anda mampu memasarkan produk dengan fitur dan kelebihan yang memang dibutuhkan.


Jangan hingga Anda menghabiskan modal untuk menciptakan produk terbagus, padahal produk tersebut tidak dibutuhkan pelanggan. Contoh buku yang membahas hal tersebut dengan baik yakni Blue Ocean Strategy karya W. Chan Kim dan Renee Mauborgne.

Digital marketing, membuat Anda mengetahui tren pasar melalui pencarian digital

Digital marketing, membuat Anda mengetahui tren pasar melalui penelusuran digital

Tak bisa dimungkiri, saat ini orang sudah sangat terbiasa untuk bertransaksi secara online. Bill Gates pernah bilang, "Jika bisnis Anda tidak bisa ditemukan di internet dikala ini, bisnis Anda akan gagal."


Digital marketing menjadi ilmu yang populer di dunia bisnis sejak 1110 Rekomendasi Rekomendasi hingga 15 tahun ke belakang. Digital marketing ialah ilmu yang wajib Anda kuasai pada abad terbaru ini.


Digital marketing mencakup social media marketing, search engine optimization (SEO), pembuatan situs web dan coding dasar, hingga personal branding. Dengan digital marketing, Anda mampu mengetahui keperluan dan tren pasar lewat penelurusan digital.

Branding dan advertising, membuat konsumen lebih mengetahui merk Anda

Branding dan advertising, membuat konsumen lebih mengenali brand Anda

Branding yang berpengaruh bisa mendatangkan konsumen gres atau menciptakan pelanggan lama tiba kembali. Strategi branding yang tepat bisa menciptakan brand Anda jadi top of mind di mata pembeli.


Akan tetapi, hal yang terpenting ialah terjalinnya ikatan emosional antara pembeli dan brand Anda. Terkadang, konsumen membeli produk bukan karena kualitas atau harganya yang terbaik, namun sebab sudah cinta dengan brand-nya.


Salah satu strategi untuk menjual produk dan brand Anda ialah lewat iklan. Anda mampu saja menyewa konsultan periklanan atau agensi untuk membuat iklan yang bagus. Namun, Anda juga mesti mengetahui dasar-dasarnya. 


Periklanan mengajari Anda cara membuat pesan yang sempurna serta media yang paling pas untuk mengomunikasikannya. Beberapa buku marketing yang elok untuk dibaca adalah Building a StoryBrand karya Donald Miller.

Untuk pemula, carilah buku yang best seller

Untuk pemula, carilah buku yang best seller

Untuk Anda yang jarang membaca buku atau baru kali pertama membaca buku perihal marketing, pilihlah buku marketing best seller. Buku marketing best seller, baik nasional maupun internasional, lazimnya memiliki mutu yang bagus.


Isinya yang berbobot dan penyampaian yang gampang dicerna oleh banyak kelompok mampu menjadi argumentasi buku tersebut laku anggun. Namun, walaupun sudah menerima predikat best seller, bukan menjadi jaminan seluruhnya berkualitas.


Anda harus membaca dahulu sinopsis atau ulasan dari pembaca lain agar buku yang mau Anda beli sesuai. Anda mampu membaca ulasan buku marketing di situs kenamaan Goodreads.

Periksa dapat dipercaya penulis bukunya

Periksa kredibilitas penulis bukunya

Sebelum memutuskan untuk berbelanja buku marketing, sebaiknya Anda mencari tahu siapa penulisnya. Lebih baik lagi jika penulisnya adalah praktisi di dunia marketing juga. Ilmu yang dibagikan akan lebih dalam dan bisa Anda aplikasikan di dunia nyata.


Jika Anda membaca buku Shoe Dog, Anda akan menerima ilmu dari Phil Knight yang telah terlatih jatuh-berdiri membangun brand Nike. Dengan membaca buku yang ditulis pribadi oleh penulis berpengalaman, Anda mampu lebih yakin dan bisa jadi terinspirasi oleh pencapaiannya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Austin Kleon Show Your Work! 1
shopee.co.id

Austin KleonShow Your Work!

Mulai dari Rp 65.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi

  • Lihat produk ini di Shopee
  • Lihat produk ini di Lazada
  • Lihat produk ini di Bukalapak

[[10 Rekomendasi]] buku marketing terbaik

Selanjutnya, kami akan mengusulkan sepuluh buku marketing terbaik yang kami pastikan menurut cara menentukan di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan menurut popularitasnya di Goodreads.

1110 Rekomendasi Rekomendasi
Dale Carnegie & Associates How To Win Friends and Influence People in the Digital Age 1
gramedia.com

Dale Carnegie & AssociatesHow To Win Friends and Influence People in the Digital Age

Mulai dari Rp 88.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi

  • Lihat produk ini di Shopee
  • Lihat produk ini di Lazada
  • Lihat produk ini di Blibli
Rating di Goodreads3,92 dari 5
PenulisDale Carnegie & Associates
TopikDigital marketing
BahasaIndonesia (terjemahan)
Best sellerYa
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman281
Tahun terbit2110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi
9
Jonah Berger Contagious: Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Populer 1
gpu.id

Jonah BergerContagious: Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Populer

Mulai dari Rp 88.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi

  • Lihat produk ini di Shopee
  • Lihat produk ini di Lazada
  • Lihat produk ini di Tokopedia
Rating di Goodreads3,96 dari 5
PenulisJonah Berger
TopikDigital marketing
BahasaIndonesia (terjemahan)
Best sellerYa
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman3110 Rekomendasi Rekomendasi8
Tahun terbit2110 Rekomendasi Rekomendasi19
8
W. Chan Kim, Renee A. Mauborgne Blue Ocean Strategy 1
store.hbr.org

W. Chan Kim, Renee A. MauborgneBlue Ocean Strategy

Mulai dari Rp 23110 Rekomendasi Rekomendasi.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi

  • Lihat produk ini di Shopee
  • Lihat produk ini di Lazada
  • Lihat produk ini di Tokopedia
Rating di Goodreads3,98 dari 5
PenulisW. Chan Kim & Renee A. Mauborgne
TopikProduct positioning
BahasaInggris
Best sellerYa
PenerbitHarvard Business Publishing
Jumlah halaman32110 Rekomendasi Rekomendasi
Tahun terbit2110 Rekomendasi Rekomendasi15
7
Seth Godin This Is Marketing 1
gramedia.com

Seth GodinThis Is Marketing

Mulai dari Rp 88.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi

  • Lihat produk ini di Shopee
  • Lihat produk ini di Lazada
  • Lihat produk ini di Blibli
Rating di Goodreads3,98 dari 5
PenulisSeth Godin
TopikProduct positioning
BahasaIndonesia (terjemahan)
Best sellerYa
Jumlah halaman28110 Rekomendasi Rekomendasi
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Tahun terbit2110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi
6
Gary Vaynerchuk Crushing It! 1
gramedia.com

Gary VaynerchukCrushing It!

Mulai dari Rp 115.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi

  • Lihat produk ini di Shopee
  • Lihat produk ini di Lazada
  • Lihat produk ini di Blibli
Rating di Goodreads4,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi dari 5
PenulisGary Vaynerchuk
TopikBranding dan advertising, digital marketing
BahasaIndonesia (terjemahan)
Best sellerYa
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman364
Tahun terbit2110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi
5
Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan Setiawan Marketing 4.110 Rekomendasi Rekomendasi 1
gramedia.com

Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan SetiawanMarketing 4.[10 Rekomendasi]

Mulai dari Rp 78.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi

  • Lihat produk ini di Shopee
  • Lihat produk ini di Lazada
  • Lihat produk ini di Blibli
Rating di Goodreads4,110 Rekomendasi Rekomendasi8 dari 5
PenulisPhilip Kotler, Hermawan Kartajaya & Iwan Setiawan
TopikDigital marketing
BahasaIndonesia
Best sellerYa
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman192
Tahun terbit2110 Rekomendasi Rekomendasi19
4
Eric Enge, Stephan Spencer, Jessie C. Stricchiola The Art of SEO 1
artofseo.com

Eric Enge, Stephan Spencer, Jessie C. StricchiolaThe Art of SEO

Mulai dari Rp 299.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi

  • Lihat produk ini di Shopee
  • Lihat produk ini di Lazada
  • Lihat produk ini di Tokopedia
Rating di Goodreads4,110 Rekomendasi Rekomendasi9 dari 5
PenulisEric Enge, Stephan Spencer & Jessie C. Stricchiola
TopikDigital marketing
BahasaInggris
Best sellerYa
PenerbitO'Reilly Media
Jumlah halaman994
Tahun terbit2110 Rekomendasi Rekomendasi15
3
Donald Miller Building a StoryBrand 1
harpercollinsleadership.com

Donald MillerBuilding a StoryBrand

Mulai dari Rp 262.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi

  • Lihat produk ini di Shopee
  • Lihat produk ini di Lazada
  • Lihat produk ini di Blibli
Rating di Goodreads4,28 dari 5
PenulisDonald Miller
TopikBranding dan advertising
BahasaInggris
Best sellerYa
PenerbitHarper Collins Leadership
Jumlah halaman24110 Rekomendasi Rekomendasi
Tahun terbit2110 Rekomendasi Rekomendasi17
2
Marcus Sheridan They Ask, You Answer 1
wiley.com

Marcus SheridanThey Ask, You Answer

Mulai dari Rp 9110 Rekomendasi Rekomendasi.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi

  • Lihat produk ini di Shopee
  • Lihat produk ini di Lazada
  • Lihat produk ini di Bukalapak
Rating di Goodreads4,32 dari 5
PenulisMarcus Sheridan
TopikDigital marketing
BahasaInggris
Best sellerTidak disebutkan
PenerbitWiley
Jumlah halaman352
Tahun terbit2110 Rekomendasi Rekomendasi19
1
Phil Knight Shoe Dog: A Memoir by the Creator of Nike 1
simonandschuster.com

Phil KnightShoe Dog: A Memoir by the Creator of Nike

Mulai dari Rp 255.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi

  • Lihat produk ini di Shopee
  • Lihat produk ini di Lazada
  • Lihat produk ini di Tokopedia
Rating di Goodreads4,47 dari 5
PenulisPhil Knight
TopikBranding dan advertising
BahasaInggris
Best sellerYa
PenerbitSimon & Schuster
Jumlah halaman4110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi
Tahun terbit2110 Rekomendasi Rekomendasi18

Tabel perbandingan produk buku marketing terbaik

Gambar produk
1
Phil Knight Shoe Dog: A Memoir by the Creator of Nike 1

Phil Knight

2
Marcus Sheridan They Ask, You Answer 1

Marcus Sheridan

3
Donald Miller Building a StoryBrand 1

Donald Miller

4
Eric Enge, Stephan Spencer, Jessie C. Stricchiola The Art of SEO 1

Eric Enge, Stephan Spencer, Jessie C. Stricchiola

5
Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan Setiawan Marketing 4.110 Rekomendasi Rekomendasi 1

Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan Setiawan

6
Gary Vaynerchuk Crushing It! 1

Gary Vaynerchuk

7
Seth Godin This Is Marketing 1

Seth Godin

8
W. Chan Kim, Renee A. Mauborgne Blue Ocean Strategy 1

W. Chan Kim, Renee A. Mauborgne

9
Jonah Berger Contagious: Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Populer 1

Jonah Berger

1110 Rekomendasi Rekomendasi
Dale Carnegie & Associates How To Win Friends and Influence People in the Digital Age 1

Dale Carnegie & Associates

Nama produk

Shoe Dog: A Memoir by the Creator of Nike

They Ask, You Answer

Building a StoryBrand

The Art of SEO

Marketing 4.[10 Rekomendasi]

Crushing It!

This Is Marketing

Blue Ocean Strategy

Contagious: Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Populer

How To Win Friends and Influence People in the Digital Age

Keunggulan

Seorang marketer mesti pantang mengalah seperti Phil Knight!

Ketahui bagaimana membangun keyakinan pembeli lewat konten, video, dan web

Membangun pesan yang efektif untuk pelanggan

Mari mengenal SEO agar produk Anda tampil paling atas!

Intip cara marketer memengaruhi orang untuk berbelanja di abad digital

Jualan kian laris berkat personal branding yang besar lengan berkuasa

Membedah seni manajemen marketing era terbaru ala Seth Godin

Daripada sibuk berkompetisi, lebih baik mencar ilmu menciptakan pasar Anda sendiri!

Belajar membuat iklan demam isu dari Jonah Berger

Edisi gres buku marketing klasik yang diubahsuaikan dengan era digital

Harga mulai dariRp 255.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi RekomendasiRp 9110 Rekomendasi Rekomendasi.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi RekomendasiRp 262.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi RekomendasiRp 299.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi RekomendasiRp 78.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi RekomendasiRp 115.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi RekomendasiRp 88.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi RekomendasiRp 23110 Rekomendasi Rekomendasi.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi RekomendasiRp 88.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi RekomendasiRp 88.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi
Rating di Goodreads4,47 dari 54,32 dari 54,28 dari 54,110 Rekomendasi Rekomendasi9 dari 54,110 Rekomendasi Rekomendasi8 dari 54,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi dari 53,98 dari 53,98 dari 53,96 dari 53,92 dari 5
PenulisPhil KnightMarcus SheridanDonald MillerEric Enge, Stephan Spencer & Jessie C. StricchiolaPhilip Kotler, Hermawan Kartajaya & Iwan SetiawanGary VaynerchukSeth GodinW. Chan Kim & Renee A. MauborgneJonah BergerDale Carnegie & Associates
TopikBranding dan advertisingDigital marketingBranding dan advertisingDigital marketingDigital marketingBranding dan advertising, digital marketingProduct positioningProduct positioningDigital marketingDigital marketing
BahasaInggrisInggrisInggrisInggrisIndonesiaIndonesia (terjemahan)Indonesia (terjemahan)InggrisIndonesia (terjemahan)Indonesia (terjemahan)
Best sellerYaTidak disebutkanYaYaYaYaYaYaYaYa
PenerbitSimon & SchusterWileyHarper Collins LeadershipO'Reilly MediaGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka Utama28110 Rekomendasi RekomendasiHarvard Business PublishingGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman4110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi 35224110 Rekomendasi Rekomendasi994192364Gramedia Pustaka Utama32110 Rekomendasi Rekomendasi3110 Rekomendasi Rekomendasi8281
Tahun terbit2110 Rekomendasi Rekomendasi182110 Rekomendasi Rekomendasi192110 Rekomendasi Rekomendasi172110 Rekomendasi Rekomendasi152110 Rekomendasi Rekomendasi192110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi152110 Rekomendasi Rekomendasi192110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi
Tautan produk
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Tokopedia
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Bukalapak
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Blibli
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Tokopedia
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Blibli
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Blibli
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Blibli
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Tokopedia
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Tokopedia
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Blibli

Baca juga anjuran buku lainnya di sini

Selain buku ihwal marketing, kami juga telah pernah membicarakan beberapa buku yang lain. Anda bisa mencari tahu wacana buku self-improvement, biografi, dan nonfiksi terbaik usulan kami. Silakan klik tautan di bawah ini untuk berita lebih lanjut.

Kesimpulan

Apakah Anda telah menemukan buku marketing yang ingin Anda baca? Ilmu marketing sungguh luas, tetapi bukan mempunyai arti tidak mampu dipelajari. Bacalah buku marketing yang bisa menjadi tumpuan untuk penyelesaian problem Anda ketika ini. 


Dengan begitu, Anda akan semangat untuk senantiasa mempelajari dan mengaplikasikannya. Selain sepuluh tawaran di artikel ini, pastinya masih banyak lagi buku marketing yang bisa Anda pelajari. Semoga Anda menerima buku marketing yang tepat.