10 Rekomendasi Buku Marketing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
Gambaran biasa seputar marketing

Marketing yaitu seni manajemen untuk mengenalkan produk barang atau jasa yang hendak dijual semoga dimengerti kandidat pembeli atau penduduk . Strategi marketing antara lain penentuan produk, target pasar, cara penawaran spesial, sampai penentuan harga. Supaya seni manajemen tersebut tercapai, Anda membutuhkan wawasan wacana sikap masyarakat dikala membeli
Banyak orang menyamakan sales dan marketing, padahal keduanya berlawanan. Marketing yaitu acara dalam memilih atau membuat pasar untuk produk atau jasa yang Anda jual. Sementara itu, sales fokus pada pemasaran produk atau jasa yang Anda jual. Dalam arti kata lain, sales yaitu bagian kecil dari keseluruhan acara marketing yang kompleks.
Meskipun marketing adalah ilmu yang lebih cocok dipraktikkan secara eksklusif, ada baiknya Anda mengisi wawasan melalui buku. Buku marketing tidak hanya membicarakan strategi, tetapi juga contoh pikir seorang marketer dan sisi psikologis dari pembeli. Dengan membaca buku marketing, Anda akan mempunyai akar pengertian yang kuat ihwal pemasaran.
Cara memilih buku marketing
Sebelum memutuskan berbelanja buku marketing, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Anda perlu mengenali topik yang Anda butuhkan, buku yang best seller, siapa penulisnya, dan ulasan bukunya. Hal tersebut mampu membuat Anda terhindar dari buku marketing yang kurang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Pilih berdasarkan topik yang Anda perlukan
Product positioning, menciptakan pelanggan tidak mampu beralih dari produk Anda

Ada salah satu istilah di dunia marketing yang bilang, "Semua produk mampu dijual asal target pasarnya sempurna". Untuk bisa membuat ungkapan tersebut terlaksana, Anda mesti mengetahui kebutuhan konsumen dan menjual produk ke target yang tepat.
Terkadang, merk yang berhasil merebut pasar bukanlah yang menyanggupi kebutuhan siapa pun, namun justru yang memiliki target kecil konsumen. Dengan mengetahui sasaran konsumen yang terperinci, Anda mampu memasarkan produk dengan fitur dan kelebihan yang memang dibutuhkan.
Jangan hingga Anda menghabiskan modal untuk menciptakan produk terbagus, padahal produk tersebut tidak dibutuhkan pelanggan. Contoh buku yang membahas hal tersebut dengan baik yakni Blue Ocean Strategy karya W. Chan Kim dan Renee Mauborgne.
Digital marketing, membuat Anda mengetahui tren pasar melalui pencarian digital

Tak bisa dimungkiri, saat ini orang sudah sangat terbiasa untuk bertransaksi secara online. Bill Gates pernah bilang, "Jika bisnis Anda tidak bisa ditemukan di internet dikala ini, bisnis Anda akan gagal."
Digital marketing menjadi ilmu yang populer di dunia bisnis sejak 1110 Rekomendasi Rekomendasi hingga 15 tahun ke belakang. Digital marketing ialah ilmu yang wajib Anda kuasai pada abad terbaru ini.
Digital marketing mencakup social media marketing, search engine optimization (SEO), pembuatan situs web dan coding dasar, hingga personal branding. Dengan digital marketing, Anda mampu mengetahui keperluan dan tren pasar lewat penelurusan digital.
Branding dan advertising, membuat konsumen lebih mengetahui merk Anda

Branding yang berpengaruh bisa mendatangkan konsumen gres atau menciptakan pelanggan lama tiba kembali. Strategi branding yang tepat bisa menciptakan brand Anda jadi top of mind di mata pembeli.
Akan tetapi, hal yang terpenting ialah terjalinnya ikatan emosional antara pembeli dan brand Anda. Terkadang, konsumen membeli produk bukan karena kualitas atau harganya yang terbaik, namun sebab sudah cinta dengan brand-nya.
Salah satu strategi untuk menjual produk dan brand Anda ialah lewat iklan. Anda mampu saja menyewa konsultan periklanan atau agensi untuk membuat iklan yang bagus. Namun, Anda juga mesti mengetahui dasar-dasarnya.
Periklanan mengajari Anda cara membuat pesan yang sempurna serta media yang paling pas untuk mengomunikasikannya. Beberapa buku marketing yang elok untuk dibaca adalah Building a StoryBrand karya Donald Miller.
Untuk pemula, carilah buku yang best seller

Untuk Anda yang jarang membaca buku atau baru kali pertama membaca buku perihal marketing, pilihlah buku marketing best seller. Buku marketing best seller, baik nasional maupun internasional, lazimnya memiliki mutu yang bagus.
Isinya yang berbobot dan penyampaian yang gampang dicerna oleh banyak kelompok mampu menjadi argumentasi buku tersebut laku anggun. Namun, walaupun sudah menerima predikat best seller, bukan menjadi jaminan seluruhnya berkualitas.
Anda harus membaca dahulu sinopsis atau ulasan dari pembaca lain agar buku yang mau Anda beli sesuai. Anda mampu membaca ulasan buku marketing di situs kenamaan Goodreads.
Periksa dapat dipercaya penulis bukunya

Sebelum memutuskan untuk berbelanja buku marketing, sebaiknya Anda mencari tahu siapa penulisnya. Lebih baik lagi jika penulisnya adalah praktisi di dunia marketing juga. Ilmu yang dibagikan akan lebih dalam dan bisa Anda aplikasikan di dunia nyata.
Jika Anda membaca buku Shoe Dog, Anda akan menerima ilmu dari Phil Knight yang telah terlatih jatuh-berdiri membangun brand Nike. Dengan membaca buku yang ditulis pribadi oleh penulis berpengalaman, Anda mampu lebih yakin dan bisa jadi terinspirasi oleh pencapaiannya.
Produk rekomendasi khusus
mybest

Austin KleonShow Your Work!
Mulai dari Rp 65.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi
[[10 Rekomendasi]] buku marketing terbaik
Selanjutnya, kami akan mengusulkan sepuluh buku marketing terbaik yang kami pastikan menurut cara menentukan di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan menurut popularitasnya di Goodreads.

Dale Carnegie & AssociatesHow To Win Friends and Influence People in the Digital Age
Mulai dari Rp 88.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi
Rating di Goodreads | 3,92 dari 5 |
---|---|
Penulis | Dale Carnegie & Associates |
Topik | Digital marketing |
Bahasa | Indonesia (terjemahan) |
Best seller | Ya |
Penerbit | Gramedia Pustaka Utama |
Jumlah halaman | 281 |
Tahun terbit | 2110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi |

Jonah BergerContagious: Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Populer
Mulai dari Rp 88.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi
Rating di Goodreads | 3,96 dari 5 |
---|---|
Penulis | Jonah Berger |
Topik | Digital marketing |
Bahasa | Indonesia (terjemahan) |
Best seller | Ya |
Penerbit | Gramedia Pustaka Utama |
Jumlah halaman | 3110 Rekomendasi Rekomendasi8 |
Tahun terbit | 2110 Rekomendasi Rekomendasi19 |

W. Chan Kim, Renee A. MauborgneBlue Ocean Strategy
Mulai dari Rp 23110 Rekomendasi Rekomendasi.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi
Rating di Goodreads | 3,98 dari 5 |
---|---|
Penulis | W. Chan Kim & Renee A. Mauborgne |
Topik | Product positioning |
Bahasa | Inggris |
Best seller | Ya |
Penerbit | Harvard Business Publishing |
Jumlah halaman | 32110 Rekomendasi Rekomendasi |
Tahun terbit | 2110 Rekomendasi Rekomendasi15 |

Seth GodinThis Is Marketing
Mulai dari Rp 88.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi
Rating di Goodreads | 3,98 dari 5 |
---|---|
Penulis | Seth Godin |
Topik | Product positioning |
Bahasa | Indonesia (terjemahan) |
Best seller | Ya |
Jumlah halaman | 28110 Rekomendasi Rekomendasi |
Penerbit | Gramedia Pustaka Utama |
Tahun terbit | 2110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi |

Gary VaynerchukCrushing It!
Mulai dari Rp 115.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi
Rating di Goodreads | 4,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi dari 5 |
---|---|
Penulis | Gary Vaynerchuk |
Topik | Branding dan advertising, digital marketing |
Bahasa | Indonesia (terjemahan) |
Best seller | Ya |
Penerbit | Gramedia Pustaka Utama |
Jumlah halaman | 364 |
Tahun terbit | 2110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi |

Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan SetiawanMarketing 4.[10 Rekomendasi]
Mulai dari Rp 78.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi
Rating di Goodreads | 4,110 Rekomendasi Rekomendasi8 dari 5 |
---|---|
Penulis | Philip Kotler, Hermawan Kartajaya & Iwan Setiawan |
Topik | Digital marketing |
Bahasa | Indonesia |
Best seller | Ya |
Penerbit | Gramedia Pustaka Utama |
Jumlah halaman | 192 |
Tahun terbit | 2110 Rekomendasi Rekomendasi19 |

Eric Enge, Stephan Spencer, Jessie C. StricchiolaThe Art of SEO
Mulai dari Rp 299.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi
Rating di Goodreads | 4,110 Rekomendasi Rekomendasi9 dari 5 |
---|---|
Penulis | Eric Enge, Stephan Spencer & Jessie C. Stricchiola |
Topik | Digital marketing |
Bahasa | Inggris |
Best seller | Ya |
Penerbit | O'Reilly Media |
Jumlah halaman | 994 |
Tahun terbit | 2110 Rekomendasi Rekomendasi15 |

Donald MillerBuilding a StoryBrand
Mulai dari Rp 262.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi
Rating di Goodreads | 4,28 dari 5 |
---|---|
Penulis | Donald Miller |
Topik | Branding dan advertising |
Bahasa | Inggris |
Best seller | Ya |
Penerbit | Harper Collins Leadership |
Jumlah halaman | 24110 Rekomendasi Rekomendasi |
Tahun terbit | 2110 Rekomendasi Rekomendasi17 |

Marcus SheridanThey Ask, You Answer
Mulai dari Rp 9110 Rekomendasi Rekomendasi.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi
Rating di Goodreads | 4,32 dari 5 |
---|---|
Penulis | Marcus Sheridan |
Topik | Digital marketing |
Bahasa | Inggris |
Best seller | Tidak disebutkan |
Penerbit | Wiley |
Jumlah halaman | 352 |
Tahun terbit | 2110 Rekomendasi Rekomendasi19 |

Phil KnightShoe Dog: A Memoir by the Creator of Nike
Mulai dari Rp 255.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi
Rating di Goodreads | 4,47 dari 5 |
---|---|
Penulis | Phil Knight |
Topik | Branding dan advertising |
Bahasa | Inggris |
Best seller | Ya |
Penerbit | Simon & Schuster |
Jumlah halaman | 4110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi |
Tahun terbit | 2110 Rekomendasi Rekomendasi18 |
Tabel perbandingan produk buku marketing terbaik
Gambar produk | 1 ![]() Phil Knight | 2 ![]() Marcus Sheridan | 3 ![]() Donald Miller | 4 ![]() Eric Enge, Stephan Spencer, Jessie C. Stricchiola | 5 ![]() Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan Setiawan | 6 ![]() Gary Vaynerchuk | 7 ![]() Seth Godin | 8 ![]() W. Chan Kim, Renee A. Mauborgne | 9 ![]() Jonah Berger | 1110 Rekomendasi Rekomendasi ![]() Dale Carnegie & Associates |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Nama produk | Shoe Dog: A Memoir by the Creator of Nike | They Ask, You Answer | Building a StoryBrand | The Art of SEO | Marketing 4.[10 Rekomendasi] | Crushing It! | This Is Marketing | Blue Ocean Strategy | Contagious: Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Populer | How To Win Friends and Influence People in the Digital Age |
Keunggulan | Seorang marketer mesti pantang mengalah seperti Phil Knight! | Ketahui bagaimana membangun keyakinan pembeli lewat konten, video, dan web | Membangun pesan yang efektif untuk pelanggan | Mari mengenal SEO agar produk Anda tampil paling atas! | Intip cara marketer memengaruhi orang untuk berbelanja di abad digital | Jualan kian laris berkat personal branding yang besar lengan berkuasa | Membedah seni manajemen marketing era terbaru ala Seth Godin | Daripada sibuk berkompetisi, lebih baik mencar ilmu menciptakan pasar Anda sendiri! | Belajar membuat iklan demam isu dari Jonah Berger | Edisi gres buku marketing klasik yang diubahsuaikan dengan era digital |
Harga mulai dari | Rp 255.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi | Rp 9110 Rekomendasi Rekomendasi.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi | Rp 262.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi | Rp 299.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi | Rp 78.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi | Rp 115.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi | Rp 88.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi | Rp 23110 Rekomendasi Rekomendasi.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi | Rp 88.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi | Rp 88.110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi |
Rating di Goodreads | 4,47 dari 5 | 4,32 dari 5 | 4,28 dari 5 | 4,110 Rekomendasi Rekomendasi9 dari 5 | 4,110 Rekomendasi Rekomendasi8 dari 5 | 4,110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi dari 5 | 3,98 dari 5 | 3,98 dari 5 | 3,96 dari 5 | 3,92 dari 5 |
Penulis | Phil Knight | Marcus Sheridan | Donald Miller | Eric Enge, Stephan Spencer & Jessie C. Stricchiola | Philip Kotler, Hermawan Kartajaya & Iwan Setiawan | Gary Vaynerchuk | Seth Godin | W. Chan Kim & Renee A. Mauborgne | Jonah Berger | Dale Carnegie & Associates |
Topik | Branding dan advertising | Digital marketing | Branding dan advertising | Digital marketing | Digital marketing | Branding dan advertising, digital marketing | Product positioning | Product positioning | Digital marketing | Digital marketing |
Bahasa | Inggris | Inggris | Inggris | Inggris | Indonesia | Indonesia (terjemahan) | Indonesia (terjemahan) | Inggris | Indonesia (terjemahan) | Indonesia (terjemahan) |
Best seller | Ya | Tidak disebutkan | Ya | Ya | Ya | Ya | Ya | Ya | Ya | Ya |
Penerbit | Simon & Schuster | Wiley | Harper Collins Leadership | O'Reilly Media | Gramedia Pustaka Utama | Gramedia Pustaka Utama | 28110 Rekomendasi Rekomendasi | Harvard Business Publishing | Gramedia Pustaka Utama | Gramedia Pustaka Utama |
Jumlah halaman | 4110 Rekomendasi Rekomendasi110 Rekomendasi Rekomendasi | 352 | 24110 Rekomendasi Rekomendasi | 994 | 192 | 364 | Gramedia Pustaka Utama | 32110 Rekomendasi Rekomendasi | 3110 Rekomendasi Rekomendasi8 | 281 |
Tahun terbit | 2110 Rekomendasi Rekomendasi18 | 2110 Rekomendasi Rekomendasi19 | 2110 Rekomendasi Rekomendasi17 | 2110 Rekomendasi Rekomendasi15 | 2110 Rekomendasi Rekomendasi19 | 2110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi | 2110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi | 2110 Rekomendasi Rekomendasi15 | 2110 Rekomendasi Rekomendasi19 | 2110 Rekomendasi Rekomendasi2110 Rekomendasi Rekomendasi |
Tautan produk |
Baca juga anjuran buku lainnya di sini
Selain buku ihwal marketing, kami juga telah pernah membicarakan beberapa buku yang lain. Anda bisa mencari tahu wacana buku self-improvement, biografi, dan nonfiksi terbaik usulan kami. Silakan klik tautan di bawah ini untuk berita lebih lanjut.

[[10 Rekomendasi]] Buku Terbaik Tentang Self-Improvement (Terbaru Tahun 2110 Rekomendasi Rekomendasi22)

[[10 Rekomendasi]] Buku Biografi Terbaik yang Menginspirasi (Terbaru Tahun 2110 Rekomendasi Rekomendasi22)

[[10 Rekomendasi]] Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2110 Rekomendasi Rekomendasi22)
Kesimpulan
Apakah Anda telah menemukan buku marketing yang ingin Anda baca? Ilmu marketing sungguh luas, tetapi bukan mempunyai arti tidak mampu dipelajari. Bacalah buku marketing yang bisa menjadi tumpuan untuk penyelesaian problem Anda ketika ini.
Dengan begitu, Anda akan semangat untuk senantiasa mempelajari dan mengaplikasikannya. Selain sepuluh tawaran di artikel ini, pastinya masih banyak lagi buku marketing yang bisa Anda pelajari. Semoga Anda menerima buku marketing yang tepat.